E-mail

PENGERTIAN SURAT ELEKTRONIK (EMAIL)
Email adalah fasilitas di internet untuk keperluan surat menyurat.
Sebagaimana layaknya kegiatan surat-menyurat melalui jasa pos,
email mampu menangani jasa pengiriman berita dan dokumen
dalam bentuk data elektronik (file), termasuk jasa e-card (kartu
ucapan elektronik). Untuk memanfaatkan fasilitas email,
sebelumnya harus memiliki sebuah alamat email, yang lazim
disebut email address atau email account. Account email dapat
diperoleh dari sebuah situs penyedia fasilitas email. Hingga saat ini,
fasilitas e-mail banyak disediakan secara gratis oleh situs-situs
internetlokal dan internasional (tidak dibedakan fungsinya).
Bentuk umum sebuah alamat email adalah sebagai berikut:
nama@situs.com
• nama : identitas alamat pemilik email (login nama atau user id).
• @ : dibaca at (artinya di).
• situs.com : alamat situs penyedia fasilitas email.
Kode akhiran situs (seperti .com atau .net) menyesuaikan kategori
yang dimiliki situs penyedia fasilitas email tersebut. Sebagai
contoh : yopi@telkom.net Dibaca “e-mail si Yopi di
telkom.net”(Yopi memanfaatkan layanan situs dari telkom.net).
Bisa saja seseorang dengan nama yang sama memiliki alamat e-
mail lebih dari satu, baik pada situs penyedia e-mail yang sama
maupun yang berlainan. Misalnya untuk mempermudah
pengelolaan surat, dibua satu alamat e-mail untuk surat-surat
pribadi dan satu alamat e-mail untuk urusan bisnis. Jika digunakan
fasilitas e-mail dari situs yang sama, maka identitaas nama kedua
e-mail hrs dibedakan, contoh:
• anda01@telkom.net untuk urusan pribadi.
• anda02@telkom.net atau anda01@yahoo.com untuk urusan
bisnis.
Meskipun demikian, untuk alamat e-mail pribadi, sebaiknya cukup
dimiliki satu atau dua saja karena jika terlalu banyak menjadi tidak
efisien dan akan membuat repot sendiri untuk mengingat dan
mengelolanya.
Latar Belakang Digunakannya Email
Dalam dunia nyata pada umumnya, kita sering menggunakan
surat untuk mengabarkan suatu berita. Namun kekurangan media
surat adalah lamanya waktu yang dibutuhkan dari pengirim ke
penerima. Masalah ini dapat dipecahkan dengan menggunakan
media telepon. Namun sayangnya jika menggunakan telepon
untuk jarak penelepon dan penerima telepon yang cukup jauh,
biasanya memerlukan biaya yang tidak murah, karena
menggunakan SLJJ atau SLI (Sambungan Langsung Internasional).
Oleh karena itu diperlukan media lain yang dapat membantu
mengatasi kendala waktu, jarak dan biaya ini.
Salah satu solusi yang dapat digunakan adalah dengan
menggunakan email (electronic mail). Email merupakan suatu
solusi yang cukup murah, dapat diakses dari mana saja, dan
jarang mengalami keterlambatan pengiriman, karena secara
umum (jika tidak ada masalah) biasanya email dapat dikirimkan
paling lama dalam waktu 5 menit saja. Namun bukan berarti
dengan menggunakan email tidak akan ada masalah yang terjadi.
Tabel 1 menyajikan kelebihan dan kekurangan menggunakan
surat, telepon, maupun email.
Sejarah Penggunaan Email
Email yang pertama kali dikirim dilakukan oleh seorang engineer
bernama Ray Tomlinson. pada tahun 1971. Sebelumnya, orang
hanya dapat mengirimkan pesan kepada orang lain pada mesin
yang sama. Dengan menggunakan teknologi baru ini, Tomlinson
berhasil mengirimkan pesan ke mesin komputer yang lain dengan
menggunakan tanda @ sebagai tujuan mesin penerima email.
Email tidaklah lebih dari pesan teks sederhana (text message).
Pesan dikirimkan dari sebuah mesin (misalnya A) ke mesin lainnya
(misalnya B), dan orang lain membaca pesan yang dikirim dari
komputer A di komputer B. Walaupun sekarang ini email dapat
ditambahkan attachment, pada dasarnya email juga tetap
merupakan sebuah pesan teks sederhana. Mengapa begitu? Hal ini
akan kita bahas nanti.
Komponen Surat Telepon Email
Biaya investasi awal Murah Tidak Terlalu Mahal Murah jika hanya
mengandalkan warnet, namun bisa mahal jika ingin membeli
komputer dan memiliki akses internet sendiri.
Biaya pengiriman Murah, namun cukup mahal untuk jarak yang
jauh Murah, jika tidak terlalu lama bicara dan jaraknya tidak jauh.
Mahal, jika terlalu lama bicara di telepon dan jaraknya jauh Murah.
Tidak tergantung jarak tempuhnya.
Waktu sampainya pesan Lama, bisa memakan waktu alam
hitungan harian. Apalagi jika jaraknya jauh, mungkin bisa
mingguan. Respon yang diterima juga lambat Sangat cepat,
karena langsung berbicara dengan penerima pesan. Cepat, dalam
hitungan detik ataumenit. Namun respon dari penerima bisa cepat
atau lambat, tergantung kapan si penerima membuka inbox
emailnya.
Pengiriman barang Bisa dilakukan Tidak bisa dilakukan Hanya bisa
dilakukan jika barang yang dimaksud berbentuk digital.
Sistem Penerimaan Email
Sistem penerimaan email dapat digambarkan seperti diagram di
bawah ini.
Gambar 1. Sistem Penerimaan Email
Cara Penerimaan Email
Ada dua jenis cara penerimaan email, yaitu dengan POP (Post
Office Protocol) ataupun dengan Web Based Email (Email yang
dapat dilihat dari website, menggunakan tekonologi IMAP
(Internet_Message_Access_Protocol). POP saat ini sudah memasuki
versi 3, sehingga lebih dikenal dengan nama POP3 (Post Office
Protocol version 3). Dengan menggunakan POP3, maka email
dapat diambil dari server dan disimpan di email client (seperti
Outlook Expres, Eudora, dan The Bat), sedangkan dengan
menggunakan Web Based Email (seperti Yahoo dan Gmail),
pemakai dapat membaca email yang diterimanya dan melakukan
interaksi dengan email tersebut (membaca, menulis, membalas,
menghapus, dll) secara user friendly.
Sekarang ini hampir sebagian besar layanan email, baik yang
gratis maupun yang menarik bayaran, sudah menyediakan
keduanya, POP dan web-based email. Berikut ini diberikan tabel
berupa kelebihan dan kekurangan penggunaan email berbasiskan
POP maupun Web Based Email.
(a) Contoh Web-based Email (b) Contoh Email Client
Gambar 2. Contoh Web-Based Email dan Email Client
Komponen POP3 Web Based Email
Kemudahan dalam pengarsipan Lebih mudah dalam pengarsipan,
karena email disimpan di komputer pengguna Sulit diarsipkan,
karena email tersimpan di komputer server. Jika sewaktu-waktu
server mengalami masalah, ada kemungkinan email dapat hilang
begitu saja.
Fleksibilitas Hanya dapat dibuka dari komputer pemakai saja.
Karena berada pada server yang dapat dibuka dari jaringan
internet, maka pemakai dapat membuka email miliknya dari
sembarang tempat yang memiliki kases internet.
Ukuran media penyimpanan Karena menggunakan komputer
pribadi, besarnya media penyimpanan yang dapat digunakan
untuk menampung email dapat tak terbatas (tergantung budget
pengguna) Karena menggunakan komputer orang lain (komputer
server), besarnya media penyimpanan yang digunakan terbatas,
tergantung penyedia email tersebut.
Tabel 2. Perbedaan POP dengan Web Based Email
Proses Penerimaan Email
Pada penerimaan email dengan menggunakan POP3, digunakan
suatu program yang dinamakan email client. Email client berfungsi
untuk menerima email-email yang masuk ke komputer pengguna.
Beberapa contoh email client adalah Outlook Express, Microsoft
Outlook, The Bat, Eudora, dan masih banyak lagi yang lainnya.
POP3 biasanya selalu disandingkan dengan SMTP (Simple Mail
Transfer Protocol). Fungsi dari keduanya saling mendukung, di
mana POP3 digunakan untuk mengambil email dari komputer
server ke komputer client (pengguna), dan SMTP digunakan untuk
mengirimkan email dari komputer client yang dititipkan ke pada
komputer server untuk dikirimkan ke komputer server tujuan.
Perhatikan gambar di bawah ini:
Gambar 3. Email Server
Terlihat pada gambar di atas bahwa POP3 menggunakan port 110
dan SMTP menggunakan port 25. Perbedaan Web Based Email
dengan POP3 email adalah bahwa pada Web based email tidak
diperlukan komunikasi pada port 110 dan port 25 untuk menerima
dan mengirim email, karena semuanya sudah dilakukan oleh email
server.
a. SMTP Server
Perhatikan gambar di bawah ini. Pada dasarnya email yang dikirim
oleh SMTP server akan ditampung sementara oleh komputer
server untuk dikirim ke komputer server tujuan. Komputer server
pengirim dan komputer server penerima berinteraksi pada port 25
untuk melakukan pengiriman email.
Gambar 4. SMTP Server
Logika serah-terima email tersebut adalah sebagai berikut:
Misalnya ada pengguna dengan alamat email aku@aku.com ingin
mengirimkan email ke kamu@kamu.com dari email client. Ketika
aku@aku.com mengirimkan email ke kamu@kamu.com terjadi
hal-hal berikut ini:
1. Email client melakukan komunikasi dengan aku.com
menggunakan port 25.
2. Email client berkomunikasi dengan SMTP server,
memberitahukan kepada SMTP server mengenai alamat pengirim
dan penerima sekaligus dengan isi pesan yang dikirimkan.
3. SMTP server mengambil alamat tujuan dan membaginya
menjadi dua bagian
• Bagian pertama : kamu
• Bagian kedua : kamu.com
4. SMTP server melakukan komunikasi dengan DNS (Domain
Name Server) dan meminta alamat IP dari kamu.com.
5. Setelah IP didapatkan, SMTP server aku.com berkomunikasi
dengan STMP server kamu.com menggunakan port 25, dengan
cara yang persisi sama yang dilakukan antara email client dengan
SMTP server aku.com.
6. Setelah pesan masuk ke mesin server kamu.com, pengguna
kamu@kamu.comdapat melihat pesan email, entah dengan POP3
maupun dengan IMAP.
b. POP3 Server
Hal yang terjadi pada POP3 Server sebenarnya sangatlah
sederhana, yaitu hanya mengumpulkan email yang masuk saja,
dan mengirimkannya melewati port 110 ke komputer client jika
client meminta email-email tersebut. Untuk melihat maupun
mengambil email dengan menggunakan POP3 maupun web
based email, diperlukan username dan password agar tidak
sembarang orang dapat melihat email tersebut.
MANFAAT FASILITAS EMAIL
Manfaatnya antara lain:
• Efektif untuk keperluan surat menyurat termasuk bagi
pengiriman surat kepada beberapa orang sekaligus dengan isi
berita yang sama misalnya agenda pertemuan, promosi produk,
undangan penikahan dan sebagainya.
• Efisien untuk mengirim lembar dokumen dalam jumlah banyak
tentu akan memakan banyak biaya dan waktu jika dokumen harus
dicetak dulu dan dikirim lewat paket pos biasa.
• Fleksibel karena email dapat dikirim, diterima, atau dibaca kapan
saja dan dimana saja.
• Dapat dijadikan sebagai ajang diskusi.
• Untuk berlangganan informasi tertentu secara periodik, misalnya
untuk memantau informasi harga produk dari suatu perusahaan.
• Untuk mengirim lamaran kerja beserta lampiran dokumen
pendukungnya, termasuk foto atau gambar.
• Menerima kartu ucapan.
• Sebagai tanda identitas di internet, misalnya dipakai pada saat
menggunakan fasilitas tetentu.
• Sebagai penampung surat dan pesan dalam jumlah yang
banyak.
CARA MEMBUAT ALAMAT EMAIL
Untuk membuat alamat surat atau email hal pertama yang harus
dilakukan adalah menentukan dari situs internet mana layanan
email yang akan digunakan. Secara umum, prosedur pendaftaran
dan fasilitas pengelolaan yang ada di dalam email hampir sama.
Sebagai contoh pembuatannya kita menggunakan layanan email
dari situs yahoo yang dapat diakses dari mail.yahoo.com
kemudian Anda akan menemui kotak isian yang berupa sign in
dan sign up. Untuk pertama kali membuat kita harus memilih sign
up kemudian akan muncul form registrasi yang harus diisi data
diri beserta nama alamat email yang akan dibuat beserta kata
sandinya. Dalam pembuatan alamat email penggunaan nama
alamatnya diusahakan seunik mungkin untuk menghindari
terjadinya alamat email yang sama, jika terjadi alamat email yang
sama maka akan mendapat pemberitahuan penolakan email yang
dibuat. Apabila pengisian dan pembuatan alamat email telah
berhasil maka email tersebut dapat dibuka melalui menu sign in.
MENGENAL FASILITAS E-MAIL
Beberapa fasilitas e-mail antara lain sebagai berikut :
• Inbox
Merupakan tempat menyimpan surat atau e-mail sebagai mana
layaknya sebuah folder penyimpanan file di dalam komputer.
Inbox dapat digunakan untuk memeriksa surat, membaca serta
mengelolanya.
• Check Mail
Merupakan fasilitas link perintah untuk mencek surat – surat yang
baru masuk atau membaca surat – surat lama yang berada di
Inbox.
• Compose
Merupakan fasilitas link perintah untuk menampilkan lembar
pembuatan surat baru yang akan dikirim
• Folders
Merupakan fasilitas pengarsipan bagi surat – surat, baik surat yang
telah terkirim maupun surat yang telah diterima.
• Address Book
Merupakan fasilitas untuk membuat yang menyimpan daftar
alamat e-mail penting (misalnya e-mail relasi dan rekan).
• Reply
Merupakan fasilitas link perintah untuk menampilkan lembar
pembuatan surat balasan berdasarkan sebuah e-mail yang telah
dibaca. Melalui fasilitas ini, tidak perlu lagi mengetik alamat e-mail
tujuan dan judul surat, cukup mengetik pesan balasan di atas
pesan yang diterima.
• Forward
Merupakan fasilitas untuk mengirim kembali sebuah e-mail yang
diterima tanpa melakukan perubahan pada isi e-mail.
• Trash
Merupakan tempat pembuangan sementara di e-mail yang sudah
di hapus dan tidak diperlukan lagi.
• Attachment
Merupakan fasilitas untuk menyertakan data lampiran pada pesan
e-mail yang akan dikirim ( misalnya file dokumen atau foto).
• Option/Configuration
Merupakan fasilitas untuk mengatur account e-mail seperti
mengubah data personal, memberi tanda identitas otomatis pada
bagian akhir setiap surat, memblokiran alamat e-mail tertentu,
pengubahan password dan sebagainya.
• Bulk Mail
Merupakan fasilitas tambahan yang disediakan situs-situs tertentu
untuk menyaring dan menyimpan scara otomatis penerimaan e-
mail baru yang dianggap tidak penting atau mengganggu seperti
e-mail promosi atau sejenisnya.
• Signature
Merupakan fasilitas pemberian tanda identitas pengirim surat
otomatis yang akan selalu disertakan pada bagian akhir setiap e-
mail baru yang dikirim (dapat dibuat melalui fasilitas option).
FORUM PADA E-MAIL (MAILING LIST)
Salah satu keunggulan fasilitas e-mail adalah kemampuannya
mengirim pesan elektronik secara massal. Kemampuan ini pula
yang menjadi dasar pengembangan layanan mailing list yang saat
ini diminati oleh kelompok pengguna internet untuk berdiskusi dan
saling berinteraksi atau disebut juga sebagai forum.
Mailing list itu sendiri merupakan kelompok diskusi interaktif antar
pengguna internet melalui pesan e-mail yang dikirim massal.
Masing-masing kelompok menyajikan forum diskusi berdasarkan
persamaan tertentu seperti persamaan minat, profesi,
kelembagaan dan sebagainya. Mailihg list saat ini menjadi salah
satu media belajar, sarana promosi, dan forum interaktif massal
yang sangat efektif di internet. Melalui pesan e-mail, dapat
bertanya, berbagi pengetahuan, berlangganan informasi tertentu,
dan melakukan berbagai hal yang bersifat rutin atau massal.
Gambar 5. Contoh Website Penyedia Layanan Mailing List
MILIS (Mailing List)
Mailing list berarti daftar alamat E-mail untuk setiap orang yang
ingin menerima mail tentang topik tertentu. Mailing List atau Milis
(kadang disebut posting), pada dasarnya masih merupakan
komunikasi dengan memanfaatkan layanan e-mail, yakni
mengirim dan menerima E-mail ke, dan/atau dari sekelompok
orang dengan tujuan penggunaan sebagai sarana diskusi, yang
biasanya dikelompokkan berdasarkan topik diskusi, kelompok
tertentu atau pengelompokan lainnya. Di Yahoogroups.com,
digunakan istilah Group. Jenis keanggotaan dalam suatu milis di
Yahoo! Groups atau disebut membership level memiliki hak yang
berbeda-beda yaitu:
a. Owner
Pemilik suatu milis, merupakan anggota yang membuat suatu
milis. Owner otomatis merangkap sebagai moderator. Owner
memiliki control yang lengkap pada suatu milis, termasuk untuk
menghapus milis. Meskipun ada beberapa keuntungan untuk
memiliki lebih dari satu owner, dan perlu dicatat bahwa anggota
yang ditunjuk untuk menjadi owner akan memiliki hak-hak yang
sama seperti owner yang pertama, termasuk menghapus milis
atau menghapus anggota, bahkan menghapus owner yang
pertama!
Untuk menjadi owner suatu milis, tidak harus mempunyai /
menggunakan email di yahoo.com. Pada daftar anggota milis,
tanda bintang (asterisk) berwarna biru menandakan bahwa
anggota yang bersangkutan adalah owner, sedangkan asterisk
kuning mengindikasikan keanggotaan sebagai moderator.
b. Moderator
Anggota yang dapat mengubah aturan delivery dan posting untuk
tiap anggota milis. Hak-hak moderator adalah
• Message: menyetujui,mengedit,atau menghapus pesan.
• Membership : menyetujui, mengundang menambah,
menghapus, atau mem-ban anggota.
• Moderators : menambahkan, menghapus, atau mengubah hak
moderator.
• Group : mengubah aturan yang ada untuk group(auto-delivered
file settings).
• Delete the group: moderator dengan hak ini dapat dengan
permanent menghapus milis
c. co-moderator
Anggota ini memiliki jenis keanggotaan moderator dan diberikan
hak-hak(previlege)tertentu untuk membantu tugas moderator
d. regular subscription
Anggota biasa
KONSEP MAILING LIST
Sebuah mailing list mempunyai moderator yang akan meninjau
dan menentukan apakah mail dapat dikirim ke setiap orang yang
ada didaftar. Sehingga diskusi tetap terfokus. Sebagai moderator
daftar mailnya ada yang manusia dan ada juga yang berupa
software komputer yang mengijinkan seseorang berlangganan
(subscribe) atau mencabut langganan secara otomatis
(unsubscribe). Namun banyak juga daftar mailing list yang tanpa
moderator, dan hal itu adalah lumrah. Terdapat dua jenis mailing
list dasar yang besar: mailing list Internet dan mailing list jaringan
Bitnet (Because Its Time Network). Semua mailing list Bitnet
kegiatan administrasinya diotomasi oleh software komputer yang
disebut LISTSERV singkatan dari list server (server daftar), yang
akan mengatur secara otomatis untuk berlangganan ataupun
berhenti berlangganan pada mailing list-nya.
Alamat milis pada dasarnya hanyalah sebuah fasilitator dalam
forum diskusi, karena di dalam alamat milis terdapat data-data
yang menampung alamat e-mail masing-masing anggota milis,
sehingga jika ada satu topik diskusi yang akan dibicarakan, maka
topik tersebut oleh administrator milis secara otomatis akan
dikirimkan ke alamat e-mail setiap anggotanya. Kelompok diskusi
milis ini banyak sekali jumlahnya, dan secara garis besar dapat
dikelompokkan ke dalam dua kategori:
1. Berdasarkan topik, topik mailing list beraneka ragam tergantung
pada profesi atau keseragaman yang dimiliki oleh anggotanya, dan
biasanya jenis ini terbuka untuk umum sehingga seorang peminat
diskusi dapat mendaftarkan dirinya sendiri secara langsung.
2. Berdasarkan komunitas kelompok tertentu, dan biasanya milis
jenis ini bersifat tertutup dan hanya terbuka bagi anggotanya saja.
Misalnya milis yang dimiliki oleh suatu partai atau organisasi atau
yang keanggotaannya atau untuk berlangganannya melalui suatu
cara tertentu, seperti membayar uang langganan (profit) atau cara-
cara lainnya.
Berlangganan (subscribe) ke suatu milis pada umumnya harus
mematuhi aturan-aturan yang ditetapkan oleh moderatornya, dan
jika tidak, maka Anda akan dicoret dari daftar anggota dan akan
dimasukan kedalam daftar tidak berlangganan (unsubscribe).
Selain itu ber-milis ria di Internet mempunyai etika-etika yang
harus kita patuhi untuk kenyaman kita bersama, yang disebut
dengan Etika Mailing List.
Pada dasarnya mailing list bekerja dengan konsep yang sangat
sederhana. Seorang pengguna cukup mengirimkan e-mail ke
salah satu alamat email untuk kemudian disebarkan ke semua
anggota mailing list yang tergabung atau berlangganan ke alamat
email tersebut. Dalam hal ini, jika suatu milis dibuat di Yahoo!
groups maka semua prosedur, teknis administrasi dan perjanjian
mengikuti apa yang berlaku di Yahoo! Groups.
Selain untuk diskusi, milis juga dapat digunakan untuk sharing foto
dan file. Singkat kata, milis merupakan cara paling mudah bagi
suatu komunitas untuk saling berkomunikasi di internet dan
sekarang ini terkenal sebagai komunitas maya
APA ITU MILIS YAHOO! GROUPS?
Diskusi melalui Yahoo! Groups dengan email merupakan salah
satu alternative sarana komunikasi yang banyak digunakan di
internet untuk bertukar informasi. Mailing list merupakan bentuk
dasar dari diskusi secara elektronik yang berbasis surat elektronik
(e-mail). Aplikasi mailing list dibentuk sebelum web menjadi
popular dan memenuhi lalu lintas internet seperti saat ini. Akan
tetapi, milis merupakan sarana yang ampuh dibandingkan web
yang bersifat lebih pasif.
KEUNTUNGAN MILIS DIBANDINGKAN EMAIL BIASA
Keuntungannya adalah seorang pengguna cukup mengirimkan
email ke satu alamat email untuk kemudian disebarkan ke semua
anggota milis.
LANGKAH - LANGKAH MEMBUAT MILIS BARU
Langkah 1: Memilih Kategori Milis yang Akan dibuat
Untuk dapat membuat suatu milis baru, anda harus sudah
memiliki Yahoo! ID. Jika belum ada maka Yahoo! ID perlu dibuat
terlebih dahulu. Setelah anda memiliki Yahoo! ID, lakukan langkah-
langkah berikut:
1. Masuklah ke http://groups.yahoo.com atau http://
www.yahoogroups.com yang otomatis akan diubah atau redirect
ke http://groups.yahoo.com lalu klik Sign In.
2. Klik Start a Group muncul gambar
3. Memilih kategori milis yang akan dibuat, bisa dilakukan dengan
beberapa cara:
a. memilih dari Browse Group Categories, yaitu memilih kategori
yang sudah ditampilkan di daftar. Klik salah satu kategori, misalnya
recreation & sport, sehingga akan tampil gambar
untuk memilih sub kategori. Misalkan saja dipilih outdoors untuk
sub kategori. Klik link Place my group in outdoors, maka letak
milih yang dibuat di Yahoo! Directory adalah pada Top >
Recreation and Sport > Outdoors. Dapat juga mengklik salah satu
daftar di Select a more specialize subcategory untuk menambah
lagi sub kategori. Misalnya pilih climbing, kemudian klik link Place
my group in Climbing sehingga letak milis yang dibuat di Yahoo!
directory adalah Top > Recreation & Sport > Outdoors > Climbing
b. Menggunakan Search Group Categories. Ketik misalnya
Automotive pada kolo search Group Categories, lalu klik search.
Pada hasil pencarian tersebut, klik misalnya link Recreation Sport >
Automotive > Makes and Models > Accura > NSX
c. kemudian klik link Place my group in NSX.
Langkah 2: Mendeskripsikan Milis
Pada langkah ini pengguna dimainta mengisi nama group, alamat
email milis dan deskripsi mengenai milis dengan panjang
maksimal 2000 karakter.
Masukkan nama milis misalnya SMP Tunas Karya angkatan ’86.
Untuk alamat email milis, masukkan misalnya tunas_karya86
sehingga otomatis alamat email yang digunakan adalah
tunas_karya86@yahoogroups.com. Pengguna diminta
memasukkan deskripsi milis, misalnya SMP Tunas Karya
Angkatan ’86, Kelapa Gading Permai. Setelah selesai, klik tombol
continue sehingga akan masuk ke langkah yang ketiga.
Langkah 3: Memilih Yahoo! Profile dan Alamat Email
Ada beberapa informasi yang harus diisi:
1. Email address.
Secara default akan terpilih alamat email Yahoo! Yang dimasukkan
saat dibuat (Sign Up)Yahoo! ID, tetapi juga dapat memilih alamat
lain atau menambah alamat lagi dengan meng-klik link Add email
address, email address yang dipilh akan digunakan untuk
menerima email dari milis.
2. Yahoo! Profiles
Secara default akan digunakan profile dari Yahoo! ID yang
digunakan untuk sign in di Yahoo! Groups dalam contoh
digunakan nama darmawan27
Setelah milis berhasil dibuat perlu dilakukan pengaturan pada milis
atau sering disebut Group Setting. Ini dapat dilakukan dengan
meng-klik tombol Customize Group atau melalui menu
Management pada Web Features. Pengguna bisa menentukan
group setting selama milis dibuat dengan cara yaitu:
a. Customize Group
b. Menu Management
Setelah suatu milis berhasil dibuat, otomatis terbentuk 4 alamat
email. Misalkan saja nama milis adalah tunas_karya86, maka 4
alamat email tersebut adalah sebagai berikut:
 tunas_karya86@yahoogroups.com alamat email ini berguna
untuk mengirim email ke milis
 tunas_karya86-subscribe@yahoogroups.com alamat email ini
berguna untuk calon anggota milis melakukan mendaftar
berlangganan
 tunas_karya86-unsubscribe@yahoogroups.com alamat email ini
berguna untuk membatalkan berlangganan
 tunas_karya86-owner@yahoogroups.com alamat email ini
berguna untuk owner milis, disebut juga list owner. Alamat ini
dapat menerima email dari non-anggota milis.
MENDAFTARKAN MILIS DI YAHOO! GROUPS DIRECTORY
Pendaftaran milis bertujuan agar orang lain atau calon anggota
yang ingin bergabung ke milis bisa menemukan milis pengguna
lainnya dengan fasilitas search. Langkah-langkah penggunanya
adalah sebagai berikut:
• Pada menu utama, klik menu Management
• Klik link Description and Appeareance sehingga muncul gambar
seperti
dibawah ini
• Klik link Edit pada section description, maka muncul gambar
dibawah
• Pada listing type ada 2 opsi yaitu:
1. Listed in Yahoo! Groups Directory: terdaftar di Yahoo! Groups
directory
2. Not Listed in Yahoo! Groups Directory: tidak terdaftar di Yahoo!
Groups directory
Jika tertarik agar jumlah anggota terus bertambah, harus
menandai opsi Listed in Yahoo!Groups Directory sehingga calon
anggota baru dapat mencari dan menemukan milis yang dicari.
• Setelah pengisian form description selesai klik tombol Save
Changes untuk menyimpan isi form.
Tutorial blogspot © 2013 Template by:
RAMA GALIH